Selasa, 12 Maret 2019

MELIHAT MEMORI YANG TERSIMPAN DALAM MANUSIA

     Terkadang, kita bisa menemukan inovasi dengan cara mengamati diri kita sendiri. Dalam kehidupan ini Anda melewati tahapan kehidupan yang secara otomatis akan terekam dalam memori anda. Ketika anda melakukan hal-hal diluar rutinitas Anda, seperti pada saat anda melakukan perjalanan ke luar negeri, menyewa mobil asing, mencoba kegiatan-kegiatan baru yang belum pernah anda lakukan, pasti akan terlintas dalam benak anda "mengapa begini?" dan anda coba menjawab sendiri "mengapa tidak?" pertanyaan-pertanyaan inilah yang secara tidak langsung akan membawa anda kepada inovasi.

    IDEO mencoba untuk memberi saran, ketika anda mendapatkan pengalaman yang baru, coba catat kesan apa saja yang anda tangkap, reaksi Anda, dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul, khususnya pada masalah-masalah yang mengganggu Anda. IDEO menyebut catatan rekaman mental dan pengalaman Anda Inilah yang disebut sebagai daftar rekaman rahasia.

     Seperti pengalaman perjalanan seorang pemuda mahasiswa desain produk Stanford University yang berusaha 26 tahun bernama Perry Klebahn, dalam kunjungannya ke resor Ski di Danau Tahoe.

     Pada waktu itu Klebahn sedang proses penyembuhan diri cedera pergelangannya, sehingga dia tidak turut bermain Ski, namun hanya menemani rekan-rekannya makan siang di tempat bermain Sky. Di tempat inilah Klebahn melihat ada banyak jenis sepatu salju yang digunakan untuk melintasi daerah yang bersalju tebal. Kemudian Klebahn mencoba satu per satu jenis sepatu salju yang ada di resor tersebut. Dan ketahui jika 1 pasang sepatu salju memiliki berat 4,5 kg sehingga proses berjalan kaki di atas salju yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi olahraga berat karena saking yang berat. Ditambah lagi dengan bentuk yang kurang ergonomis, karena as mendaki bagian depan sepatu salju akan dipenuhi salju, sehingga menambah beban para penggunanya. Sedangkan, apabila sepatu salju ini digunakan pada daerah yang landai sering kali sepatu salju itu melenceng keluar. Dan, menurut Klebahn produk sepatu salju ini belum tersentuh inovasi sejak lama.

Related Posts

MELIHAT MEMORI YANG TERSIMPAN DALAM MANUSIA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.