Minggu, 03 Maret 2019

FAKTOR PRIMER PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG

1. Tekanan darah tinggi. Lebih tinggi tekanan darah, maka kemungkinan untuk mendapatkan serangan jantungpun makin meningkat.
 
2. EKG yang aboormal. EKG adalah satu alat pemeriksaan yang dapat menunjukan adanya penyakit jantung hingga dapat menu jukkan kemungkinan untuk penyumbatan pembuluh darah dan pembesaran jantung, bahkan serangan jantung EKG seseorang dalam keadaan stres dapat memberikan ramalan yang lebih akurat sebab menunjukkan keadaan jantung dalam keadaan tegang yang berbeda dengan keadaan rileks. Kegemukan. Seorang yang mempunyai berat badan 15-20 % atau lebih di atas berat normal mempunyai risiko yang lebih besar untuk mendapat serangan penyakit jantung. Dengan demikian lebih berat badan seseorang, kemungkinan untuk meninggal akibat serangan jantung makin besar.

3. Merokok. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa merokok adalah salah satu penyebab dari penyakit jantung, Misalnya seorang yang merokok 2 bungkus rokok per hari mempunyai risiko 3 kali lipat untuk meninggal disebabkan oleh serangan jantung di bandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Seorang yang telah mendapat serangan jantung dan terus merokok, mempunyai risiko untuk mendapatkan kembali serangan jantung dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang berhenti merokok. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa dengan jumlah kematian 53.000 per tahun akibat penyakit yang berkaitan dengan merokok diperkirakan merokok pasif menyebabkan 10 kali kematian akibat penyakit jantung ketimbang kanker paru. Di Selandia Baru, 240 dari 270 kematian ( 90 % ) akibat merokok pasif adalah karena akit jantung koroner. Di Indonesia, menurut Yayasan Jantung Indonesia, dari 10 pasien jantung yang masuk ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, delapan di antaranya disebabkan rokok.

Related Posts

FAKTOR PRIMER PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.