Senin, 04 Maret 2019

FAKTOR YANG MENENTUKAN VO2 MAX

1. Jenis Kelamin. Setelah masa pubertas, wanita dalam usianya yang sama dengan pria umumnya mempunyai konsumsi oksigen maksimal yang lebih rendah dari pria.

2. Usia. Setelah usia 20-an, VO2 max menurun dengan periahan-lahan dalam usia 55 tahun, VO2 lebih kurang 27% lebih rendah dari usia 25 tahun. Dengan sendirinya hal ini berbeda dari satu dengan orang yang lain. Mereka yang mempunyai banyak kegiatan VO2 max akan menurun dengan lebih perlahan.

3. Keturunan. Seseorang mungkin saja mempunyai potensi yang lebih besar dari orang lain untuk mengkonsumsi oksigen yang lebih tinggi, dan mempunyai suplai pembuluh darah kapiler yang lebih baik terhadap otot-otot, mempunyai kapasitas paru-paru yang lebih besar, dapat mensuplai hemoglobin dan sel darah merah yang lebih banyak dan jantung yang lebih kuat. Dilaporkan bahwa konsumsi oksigen maksimum untuk mereka yang kembar identik sangat sama.

4. Komposisi Tubuh. Walaupun VO2 max dinyatakan dalam berapa mililiter oksigen yang dikonsumsi per kg berat badan, perbedaan komposisi seseorang menyebabkan konsumsi yang berbeda. Misalnya tubuh mereka yang mempunyai lemak dengan persentase yang tinggi, mempunyai konsumsi oksigen maksimum yang lebih rendah. Bila tubuh Anda berotot kuat, VO2 max Anda lebih tinggi. Sebab itu, jikalau Anda dapat mengurangi lemak dalam tubuh, konsumsi oksigen maksimal Anda dapat bertambah tanpa tambahan latihan.

5. Latihan/Olahraga. Anda akan dapat memperbaiki VO2 max dengan olahraga atau latihan. Dengan latihan daya tahan yang sistematis, Anda akan memperbaiki konsumsi oksigen maksimal Anda dari 5% sampai 25%. Berapa banyak Anda dapat
baiki, tergantung kepada status Anda sewaktu mulai latihan.
Bila Anda mulai dengan kondisi yang rendah, Anda dapat memperbaikinya dengan lebih tinggi Jangan anggap bahwa Anda sudah terlalu tua untuk memperbaiki diri. Penelitian menunjukkan bahwa laki-laki usia 65-74 tahun dapat meningkatkan VO2 maksimumnya sekitar 18% setelah berolahraga dengan teratur dalam waktu 6 bulan.

Related Posts

FAKTOR YANG MENENTUKAN VO2 MAX
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.