Minggu, 10 Maret 2019

Kalimantan Tengah Nan Molek

     Kalimantan Tengah memiliki banyak keindahan alam daerah tropis. Beberapa tempat tersebut memiliki pesona, antara lain sungai sebangau, Taman Nasional Tanjung Puting, batu Suli, Danau Tahai, dan Bukit Tangkiling dan situs batu banama.



 Sungai sebangau
  sungai sebangau terletak di Taman Nasional sebangau memiliki daya tarik tersendiri. Meskipun sungai ini berwarna hitam, sungai ini tampak jernih.

 Taman Nasional Tanjung Puting
Tanjung Puting merupakan taman nasional, terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat. Kawasan ini sangat menarik dengan aneka tumbuhan hutan, seperti jelutung, ramin, Meranti, keruing, dan rotan. Berbagai satwa langka dan dilindungi hidup di taman nasional ini, antara lain orang utan, bekatan, lutung merah, beruang, kancil, macan dahan, dan Kucing Hutan. Daerah ini kini menjadi pusat rehabilitasi orangutan.

 Batu Suli
 batu Suli terletak di tepi sungai Kahayan, Kecamatan tewah, Kabupaten Gunung Mas. Objek wisata ini menawarkan pemandangan batu yang menjulang di tengah sungai Kahayan. Bukit bukit nan hijau tampak menghiasi tepi sungai. Eksotisme semakin terlihat dengan pemandangan permukiman suku Dayak berupa rumah rumah panggung di tepi sungai.

 Danau Tahai
 Danau Tahai merupakan sebuah danau kecil yang terdapat di kota Palangkaraya. Di kawasan Danau Tahai terdapat jembatan jembatan kayu yang memiliki hutan di sekitar danau ini. Pengunjung dapat menikmati kesejukan dan kesegaran udara di hutan dan menyaksikan pemandangan rumah-rumah terapung yang disebut rumah Lanting.

 Bukit Tangkiling dan situs batu banama
 Bukit Tangkiling merupakan bukit batu yang terlihat sangat eksotis apabila dilihat dari pemukiman penduduk dan rimbunnya pepohonan. Objek wisata ini terletak di Kelurahan banturung dan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu. Di bukit ini batu-batu yang sangat besar berwarna hitam kelabu terlihat menjulang. Diantara batu-batu besar itu tumbuh pohon dan rumput hutan sehingga memantulkan mozaik hijau yang artistik.

Related Posts

Kalimantan Tengah Nan Molek
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.